Inilah hikmah dan keajaiban sedekah ditinjau dari ilmu sains

himkah sedekah

Panji Islam – Portal Berita Islam Terkini – Inilah hikmah dan keajaiban sedekah yang perlu anda tahu

Banyak yang percaya bahwa dengan memberi maka rezeki kita akan berlipat ganda. Begitu juga dengan jaran semua agama yang selalu mengingatkan kita bersedekah untuk meraih kebahagiaan.

Namun, apakah semua itu sejalan dengan prinsip sains? Ternyata ada banyak manfaat dari segi ilmu pengetahuan akibat bersedekah, diantara nya adalah beberapa dibawah ini :

1. Otak yang bercahaya

Ketika kamu memberi atau bersedekah, itu artinya kamu telah mengaktifkan bagian otak yang terkait dengan kesenangan, hubungan sosial dan kepercayaan. Di bagian otak tersebut, akan tercipta “efek hangat”.

Bacaan Lainnya

Para ilmuwan juga percaya bahwa perilaku memberi memicu terlepasnya endorfin di otak yang efeknya akan menimbulkan perasaan positif. Tristen Inagaki dari University of Pittsburgh dan Naomi Eisenberger dari University of California dalam studi mereka yang berjudul “The Neurobiology of Giving Versus Receiving Support: The Role of Stress-Related and Social Reward-Related Neural activity” menjelaskan tentang FMRI (Fungsional Magnetic Resonance Imaging) untuk memonitor kinerja saraf saat seseorang memberi dan menerima. Ternyata, otak lebih memancarkan citra positif saat memberi.

2. Bermanfaat bagi kesehatan

Dalam buku “Why Good Things Happen to Good People”, Stephen Post, profesor dari Stony Brook University melaporkan bahwa kebiasaan bersedekah telah terbukti meningkatkan manfaat kesehatan pada penderita penyakit kronis, termasuk HIV.

Para peneliti juga sepakat bahwa kebiasaan memberi berkontribusi besar dalam membangkitkan perasaan bersyukur seseorang. Seperti yang kita ketahui, orang yang selalu bersyukur akan memiliki mentalitas yang kuat dalam menjalani hidup.

3. Efek Domino

Berbagi atau memberi akan meyebar layaknya efek domino. Berdasarkan penelitian, kebaikan kecil terkadang membawa efek besar dan menyebar sepeti virus. Orang yang menerima kebaikan atau bahkan hanya melihat aksi kebaikan akan terinspirasi untuk melakukan hal yang baik juga. Meskipun ukurannya tidak sama, tapi yang pasti akan mendorongnya untuk melakukan kebaikan juga.

Kedermawanan memang pantas untuk kita pelihara dalam kehidupan ini. Tidak heran semua agama menempatkan sedekah sebagai salah satu pokok ajarannya, mengingat banyak manfaat positif yang didapatkan dari bersedekah.

Sumber: Majalah Intisari

 

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto? Silakan SMS ke 0813 7824 7999 via EMAIL: admin@panjiislam.com (mohon dilampirkan data diri Anda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *