Arab Saudi Tertinggal Membangun Museum karena Khawatir Munculnya Kembali Paganisme

#image_title

PANJI ISLAM Arab Saudi Tertinggal Membangun Museum karena Khawatir Munculnya Kembali Paganisme

loading…

kemunculan museum di dunia Arab agak tertinggal karena salah satunya faktor tantangan agama. Foto/Ilustrasi: Arab News

Arab Saudi saat ini mendorong dibangunnya museum . Hal ini untuk menawarkan pengetahuan tentang sejarah Kerajaan Arab Saudi.

Bacaan Lainnya

Fahd Al-Maliki, wakil ketua Masyarakat Sejarah Saudi dan profesor studi pascasarjana di Universitas Umm Al-Qura, mengatakan bahwa kemunculan museum di dunia Arab agak tertinggal karena faktor politik, ekonomi, sosial, pendidikan, dan tantangan agama.

“Yang terakhir, termasuk beberapa faksi yang memandang koleksi artefak dan patung mengingatkan kita pada penyembahan berhala pra-Islam,” ujar al-Maliki kepada Arab News.

Hal ini menyebabkan kehancuran barang-barang tersebut di banyak negara Arab, didorong oleh ketakutan akan paganisme, yang menghambat perkembangan museum di wilayah tersebut.

“Namun dinamika ini bergeser seiring dengan tumbuhnya kesadaran masyarakat yang mengutamakan pelestarian narasi sejarah dan warisan budaya suatu negara,” jelasnya. Akibatnya, upaya bersama diarahkan pada pelestarian budaya dan arkeologi.

Di Arab Saudi, pendirian museum dan departemen arkeologi di universitas-universitas muncul berkat meningkatnya minat terhadap pelestarian warisan budaya. Museum – baik yang dikelola pemerintah maupun milik swasta – telah berkembang di seluruh Arab Saudi, dengan 57 museum kini didirikan di seluruh negeri.

Saad Al-Sharif, seorang profesor sejarah Islam, menekankan peran penting museum-museum ini dalam “menunjukkan semangat budaya dan kepeloporan Arab Saudi.”

Di jantung kota suci, beberapa museum menyambut pengunjung dari seluruh dunia dan menawarkan wawasan komprehensif tentang sejarah ribuan tahun.

Beberapa artefak berharga yang dipamerkan berusia lebih dari 1.400 tahun, dan memainkan peran penting dalam mendidik pengunjung, memperluas pemahaman mereka tentang Kerajaan Arab Saudi.

Salah satu museum paling populer di Makkah adalah Museum Alssalamu Alaika Ayyuha Annabi (Damai besertamu Nabi), yang menyimpan banyak koleksi ayat-ayat Al-Qur’an dan 1.500 artefak yang berasal dari zaman Nabi Muhammad.

Sementara itu, Museum Umm Al-Qura, yang bertempat di istana Raja Abdulaziz, menampilkan koleksi perkakas logam, prasasti Islam, gambar batu, dan batu nisan bersejarah yang berasal dari lebih dari tujuh abad.

Terletak berdekatan dengan area kunjungan jamaah haji di distrik pusat Makkah adalah Museum Menara Jam, sebuah bangunan empat lantai yang dibuka sekitar empat tahun lalu dan telah menjadi landmark terkenal di kota tersebut. Ini memainkan peran penting dalam menentukan waktu salat, terutama saat matahari terbit dan terbenam.

Museum ini menampung beragam pameran yang berkaitan dengan gerhana, planet, dan fenomena bulan, dan dilengkapi dengan teleskop untuk pengalaman mengamati bintang secara langsung. Pengunjung juga dapat mempelajari jurnal dan makalah ilmiah yang mengeksplorasi pergerakan bintang dan planet.

Museum Warisan Islam Makkah terkenal dengan artefak arkeologi dan prasejarahnya yang langka. Acara ini juga menyoroti kemegahan arsitektur Masjidil Haram dan merayakan kontribusi Kerajaan dalam melayani Dua Masjid Suci.

(mhy)

Sumber Berita: kalam.sindonews.com

PANJI ISLAM
Portal Berita Islam Portal Berita Islam Terpercaya

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto? Silakan SMS ke 0813 7824 7999 via EMAIL: admin@panjiislam.com (mohon dilampirkan data diri Anda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *