Korban Genosida Israel Tembus 16.000 Orang, Erdogan: Netanyahu Tukang Jagal Gaza

#image_title

PANJI ISLAM Korban Genosida Israel Tembus 16.000 Orang, Erdogan: Netanyahu Tukang Jagal Gaza

loading…

Jumlah korban tewas akibat genosida Israel atas warga Palestina hampir menembus angka 16.000 orang. Foto/Ilustrasi: Al Jazeera

Jumlah korban tewas akibat genosida Israel atas warga Palestina hampir menembus angka 16.000 orang dan ribuan lainnya hilang dan kemungkinan besar tewas.

Bacaan Lainnya

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dalam pidatonya pada hari Senin, 4 Desember 2023, menyebut Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu sebagai “tukang jagal Gaza” dan menambahkan bahwa “kami sedang bersiap untuk mengadilinya”.

Berbicara mengenai serangan Israel terhadap Gaza , Erdogan sebagaimana dilansir MEE mengatakan, “PBB, yang didirikan untuk keamanan global, bahkan tidak dapat melindungi pegawainya sendiri dari barbarisme Israel. Pembantaian Israel semakin cepat, saya salut kepada Gaza yang melakukan perlawanan.”

“Netanyahu, yang saat ini menjadi penjagal Gaza, akan diadili sebagai Penjagal Gaza, sama seperti Milosevic,” tambah Erdogan merujuk pada mantan pemimpin Serbia yang didakwa oleh pengadilan internasional atas kejahatan perang terkait dengan warga Bosnia , Kroasia dan perang Kosovo pada tahun 1990an.

Peta Gaza

Pada tanggal 2 Desember, juru bicara tentara Israel yang berbahasa Arab , Avichay Adraee, mengunggah peta Gaza, yang dipecah menjadi blok-blok bernomor dengan instruksi agar warga Palestina yang tinggal di daerah tertentu mengungsi ke Rafah. Selebaran berisi kode QR yang menghubungkan ke peta di situs tentara Israel juga dijatuhkan di Gaza.

Langkah ini terjadi ketika jet tempur Israel membombardir bagian selatan Jalur Gaza – yang sebelumnya ditetapkan sebagai “zona aman” – menewaskan ratusan warga Palestina dalam 24 jam. Tentara Israel dengan bangga mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 400 sasaran”.

Sementara itu, laporan media mengungkapkan bahwa kemampuan tentara Israel untuk mengintensifkan apa yang disebutnya serangan udara “presisi” telah ditingkatkan oleh alat kecerdasan buatan (AI) yang menghasilkan target.

Peta, selebaran, tweet, klaim teknologi militer presisi, semuanya memberi narasi bahwa “tentara Israel yang paling bermoral” berupaya melindungi warga sipil di Gaza.

“Namun semua ini tidak lebih dari taktik propaganda untuk menutupi apa yang sebenarnya terjadi di lapangan – genosida yang dibantu oleh AI,” tulis Asisten Profesor Studi Timur Tengah dan Humaniora Digital di Universitas Hamad bin Khalifa, Dr Marc Owen Jones, dalam artikelnya berjudul “Fact or fiction? Israeli maps and AI do not save Palestinian lives” yang dilansir Al Jazeera 4 Desember 2023.

Permainan Peta

Selama dua bulan terakhir perang brutal, Israel terus-menerus menggunakan peta evakuasi dan peringatan yang dikeluarkan di media sosial, menyerukan warga Palestina untuk meninggalkan wilayah tertentu di Gaza.

Namun jumlah korban tewas yang terus meningkat – hampir 16.000 orang dan ribuan lainnya hilang dan kemungkinan besar tewas – tidak memberikan bukti bahwa Israel sebenarnya mengkhawatirkan kesejahteraan warga sipil Palestina.

Dr Marc Owen Jones mengatakan yang dikhawatirkan adalah meningkatnya kecaman di luar negeri terhadap apa yang oleh para ahli hukum disebut sebagai genosida dan meningkatnya tekanan dari Amerika Serikat.

Beberapa hari yang lalu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken memperingatkan Israel bahwa mereka memiliki waktu berminggu-minggu, dan bukan berbulan-bulan, untuk menyelesaikan kampanyenya di Gaza. Atasannya, Presiden Joe Biden, sangat menyadari meningkatnya ketidakpuasan dalam negeri terhadap cara dia menangani perang, yang dapat membuatnya kehilangan suara dalam pemilihan presiden tahun depan.

Pesan evakuasi yang dilakukan tentara Israel ini lebih ditujukan kepada masyarakat Barat, yang berupaya meredakan ketakutan mereka terhadap jumlah korban warga sipil, dibandingkan warga Palestina di Gaza. Fakta bahwa video tersebut sebagian besar disampaikan melalui platform media sosial menunjukkan bahwa audiens yang dituju bukanlah orang-orang di Jalur Gaza.

Tentara Israel tidak hanya memutus aliran listrik ke Gaza tetapi juga menargetkan dan merusak jaringan selulernya yang sudah tidak stabil, sehingga menyebabkan sebagian besar orang di sana hampir tidak memiliki akses ke internet.

Sumber Berita: kalam.sindonews.com

PANJI ISLAM
Portal Berita Islam Portal Berita Islam Terpercaya

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto? Silakan SMS ke 0813 7824 7999 via EMAIL: admin@panjiislam.com (mohon dilampirkan data diri Anda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *