Genosida Israel: Profesor Ini Bilang Warga Palestina Jadi Korban Supremasi Yahudi

#image_title

PANJI ISLAM Genosida Israel: Profesor Ini Bilang Warga Palestina Jadi Korban Supremasi Yahudi

loading…

Klaim Israel, memberikan mereka hak moral untuk menindas secara etnis. Foto/Ilustrasi: al Jazeera

Profesor politik Arab modern dan sejarah di Universitas Columbia, New York , Joseph Massad, mengatakan serangan Hamas ke Israel 7 Oktober 2023 lalu mengubur mitos bahwa Israel tidak akan pernah berhasil diserang secara militer.

Bacaan Lainnya

Dia menyebut kengerian yang dirasakan Israel dan negara-negara Barat yang mendukungnya sejatinya berasal dari penghinaan rasis mereka terhadap penduduk asli Palestina .

“Perasaan terhina di Barat bahwa bangsa non-Eropa yang terjajah dan inferior secara ras dapat melawan dan mengalahkan penjajah mereka bukanlah hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah kolonial,” tulis Joseph Massad dalam artikelnya berjudul “How Israel’s genocidal war against Palestinians is a colonial tradition” yang dilansir MEE, 18 Desember 2023.

Joseph Massad mencontohkan, pada akhir abad ke-19, Inggris mengalami kekalahan kolonial paling termasyhur di tangan tentara kerajaan Zulu.

Selama Pertempuran Isandlwana pada bulan Januari 1879 di Afrika bagian selatan, tentara Zulu yang bersenjata ringan berkekuatan 20.000 orang mempermalukan pasukan kolonial Inggris, meskipun persenjataan mereka lebih unggul, menewaskan 1.300 (700 di antaranya adalah orang Afrika) dari total 1.800 tentara penyerang dan 400 tentara. warga sipil. Pertempuran tersebut menyebabkan antara 1.000 dan 3.000 pasukan Zulu tewas.

Pembalasan Kolonial

Menurut Joseph Massad, kekalahan yang mengejutkan ini membuat harga diri Inggris hancur dan memicu ketakutan di pemerintahan Benjamin Disraeli bahwa kemenangan Zulu akan mendorong perlawanan masyarakat adat di seluruh wilayah Kekaisaran.

Pada bulan Juli 1879, Inggris berangkat untuk menginvasi kembali tanah Zulu dengan kekuatan yang jauh lebih besar, kali ini mengalahkan Zulu. Mereka membalas dendam dengan menghapus ibu kota mereka, Ulundi, meratakannya dengan tanah, dan menangkap serta mengasingkan raja Zulu. Secara total, 2.500 tentara Inggris (termasuk rekrutan mereka dari Afrika) dan 10.000 orang Zulu terbunuh.

Masih di Afrika bagian selatan, Cecil Rhodes, seorang raja pertambangan Inggris, mendirikan British South Africa Company pada tahun 1889. Perusahaan tersebut melanjutkan perjalanan dari Afrika Selatan ke utara untuk menaklukkan lebih banyak wilayah dan memperkenalkan penjajah Inggris.

Pada tahun 1890, 180 penjajah dan 200 polisi kompi berangkat ke Mashonaland (sekarang Zimbabwe) dari Bechuanaland (sekarang Botswana). Tahun itu, Rhodes menjadi perdana menteri Cape Colony.

Perambahan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut menghadapi perlawanan lokal yang keras dari masyarakat Shona dan Ndebele pada tahun 1893 dan 1896.

Pada tahun 1893, kebiadaban penjajah kulit putih sedemikian rupa sehingga mereka menyebut pembantaian masyarakat Ndebele sebagai “tembakan ayam hutan”.

Selama pemberontakan tahun 1896, Shona dan Ndebele membunuh 370 penjajah kulit putih, yang mendorong Inggris untuk mengirimkan 800 tentara ke koloni pemukim baru untuk memadamkan pemberontakan anti-kolonial, yang dijuluki Chimurenga (berarti “pembebasan” dalam bahasa Shona). Secara keseluruhan, 600 orang kulit putih dibunuh dari 4.000 populasi kolonial.

Respons kulit putih bahkan lebih kejam dibandingkan pembunuhan tahun 1893. Seorang penjajah kulit putih “menembak para penggembala dan mengambil telinga mereka, yang lain memotong sebagian kulit korbannya untuk membuat tambalan tembakau.”

Para penjajah membunuh orang-orang Afrika tanpa pandang bulu, menghancurkan tanaman, dan mendinamisasi rumah-rumah. Pembantaian dan penghancuran tersebut menyebabkan kelaparan yang meluas, sementara para pemimpin pemberontakan dibunuh dan mereka yang selamat diburu, diadili, dan digantung.

Demikian pula, pada tahun 1896, orang-orang Italia, yang telah mendirikan koloni pemukim di Eritrea, memutuskan, dengan dorongan Inggris, untuk menyerang Etiopia untuk memperoleh lebih banyak tanah, hanya untuk dipermalukan dan dikalahkan oleh tentara Kaisar Menelik II dari Etiopia yang bersenjata Prancis. Ribuan tentara Etiopia, Eritrea, dan Italia tewas dalam Pertempuran Adwa.

Kekalahan tentara Eropa oleh tentara Afrika membuat Italia dipermalukan di hadapan rekan-rekannya di Eropa dan berusaha membalas dendam, yang harus menunggu datangnya pemerintahan fasis. Mussolini-lah yang membalas kekalahan di Adwa ketika ia menginvasi Etiopia pada tahun 1935. Kali ini, Italia membunuh 70.000 orang Etiopia dan mengubah Etiopia menjadi koloni pemukim.

Sumber Berita: kalam.sindonews.com

PANJI ISLAM
Portal Berita Islam Portal Berita Islam Terpercaya

 
Jika Anda punya informasi kejadian/peristiwa/rilis atau ingin berbagi foto? Silakan SMS ke 0813 7824 7999 via EMAIL: admin@panjiislam.com (mohon dilampirkan data diri Anda)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *